Macam macam bolu yang super lezat

Bolu atau kue bolu (bahasa Inggriscake) adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus. Cake yang dihias dengan lapisan (icing) dari krim mentega (buttercream), fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis). Berdasarkan teknik pembuatan, kue bolu (cake) digolongkan menjadi dua kelompok.  
  • Butter cakeatau shortened (cream cake)
Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa baking powder atau soda kue. Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.  
  • Sponge cake(foam cake)
Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung. Berdasarkan teknik pengocokan telur, sponge cake dibagi menjadi:
  • Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok
dalam mangkuk terpisah Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake.
  • Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise).
Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *